Ilmu Budaya Dasar
                                             MANUSIA
DAN KEBUDAYAAN
MANUSIA
        
Manusia dapat diartikan dari berbagai
golongan manusia menurut pengertian ilmu biologi, manusia menurut pengertian
ilmu sosiologi, manusia menurut pengertian ilmu sains. Secara umum dan
sederhana manusia adalah mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, mahluk
yang selalu ingin mempunyai  kekuasaan, mahluk yang berbudaya , sering
disebut homo-humanus. 
A. UNSUR-UNSUR YANG
MEMBANGUN MANUSIA
Untuk menjelaskan unsur-unsur yang
membangun manusia terdapat 2 pandangan yaitu 
- Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait
1.     Jasad
2.     Hayat
3.     Roh
4.     Nafas
- Manusia sebagian satu kepribadian mengandung 3 unsur
1.     Id        
                     : Pemuas nafsu yang hanya sesaat.
2.     Ego        
                   : Sebagai pelaksana dari Id.
3.     Kepribadian Eksekutif  : Saluran
sosial Id
4.     Superego        
          : Berasal dari hati
nurani.
HAKEKAT MANUSIA
B.HAKEKAT MANUSIA
Hakekat manusia terdiri dari 4 
1.     Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri
dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. 
Tubuh adalah materi yang dapat
dilihat ,diraba, dirasa, wujudnya konkrit, tetapi tidak abadi. Jiwa adalah roh
yang ada didalam tubuh manusia sebagai penggerak  dan sumber kehidupan.
      2.  Mahluk
ciptaan Tuhan yang paling sempurna.
Kesempurnaanya karena manusia
memiliki akal, budi, pikiran, perasaan dan manusia memiliki kehendak yang
terdapat dalam jiwa manusia. Perasaan manusia dibagi menjadi 2 bagian yaitu
perasaan Rohani dan perasaan Inderawi. Perasaan Rohani hanya terdapat pada diri
manusia misalnya :
- Perasaan Intelektual
- Perasaan Etis
- Perasaan Estetis
- Perasaan Diri
- Perasaan Religius
- Perasaan Sosial
       3.   Mahluk hayati yang memiliki budayawi
Manusia mahluk hayati dapat
dipelajari dari segi-segi anatomi,fisiologi,biokimia dan sebagainya sedangkan
manusia mahluk budayawi dapat dipelajari dari segi kemasyarakatan, kekerabatan,
ekonomi, psikologi sosial dan sebagainya.
       4.  Mahluk  ciptaan Tuhan
 yang terikat dengan lingkungan 
C. MANUSIA DENGAN
MAHLUK LAINNYA
1.     Manusia khususnya wanita hanya akan
melahirkan sampai batas yang sudah tidak bisa melahirkan atau mengandung lagi
2.     Manusia melewati masa kecilnya dengan
lama karna ukuran otak manusia lebih besar sehingga membutuhkan waktu yang
lebih lama dari pada mahluk lainnya.
3.     Manusia memiliki ekspresi yang unik
dan berbeda dari mahluk lainnya, saat tersipu wajah manusia akan memerah.
4.     Kemampuan manusia dalam membuat api
adalah sejarah penting dalam memenangkan alam karna dengan membuat api manusia
dapat mencegah yang tidak diingkan.
5.     Karena manusia tidak memiliki bulu
yang lebat untuk menutupi tubuhnya dari dingin dan panas sinar matahari,
manusia akhirnya memiliki  kecerdasan untuk membuat baju sehingga bisa
berfungsi untuk menutupi tubuhnya.
6.     Manusia memiliki tenggorokkan yang
lebih rendah dari binatang simpanse  jadi manusia bisa mengontrol suara
dan bisa berbicara.
7.     Manusia memiliki jemari tangan yang
fleksibel karna manusia dapat memutar jempolnya seberbagai arah hingga 360
derajat.
KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
D. Kepribadian bangsa
Timur 
Kepribadian bangsa timur identik
menjunjung nilai kesopanan yang lebih tinggi dibanding budaya barat. Selain
itu, kepribadian bangsa timur khususnya Indonesia juga lebih terbuka dan ramah
tamah terhadap bangsa atau negara lain. Bangsa timur juga amat peduli dengan
orang lain hal ini dibuktikan dengan adanya sikap saling tolong menolong dengan
sesama dan bergotong royong. Dan kebanyakan masyarakatnya lebih agamis. 
E. Bagan
Psiko-sosiogram
Nomor 0  : lingkungan dunia luar
yang berarti tentang pendapat dan pikiran seseorang tentang dunia atau daerah yang belum pernah dikunjungi
atau dijumpai.
Nomor 1  : lingkaran hubungan
jauh yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal.
Nomor 2 : lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli.
Nomor 3 : lingkaran hubungan karib. Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan.
Nomor 4 : kesadaran yang dinyatakan. manusia mengungkapkankepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya.
Nomor 5 : kesadaran yang tidak dinyatakan. Maksudnya pikiran – pikiran dan gagasan yang ada disimpan sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat mengetahuinya.
Nomor 6 : Sub sadar karena sewaktu – waktu unsur – unsur yang sudah tertanam bisa meledak keluar lagi dan mengganggu kebiasaan sehari – hari.
Nomor 7 : daerah tak sadar dan sub sadar. Tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri.
PENGERTIAN
KEBUDAYAAN 
F. Definisi Kebudayaan
Kata budaya dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Kebudayaan
sendiri diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal atau pikiran
manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik
sekelompok manusia.
G. Tokoh-Tokoh
Kebudayaan
1.     Linton
2.     Koentjaraningrat
3.     EB Tylor
4.     Melville j. Herkovits dan Bronislow
Malinowski
Tokoh Kebudayaan Indonesia 
1.     Bung Karno
2.     Gus Dur
3.     Emha Ainun Najib
4.     Kang Sobari
5.     Soejiwo Tejo
6.     Butet Kertarajasa
UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
H . 7 Unsur Kebudayaan
universal 
Koentjaraningrat , menjabarkan tujuh
unsur kebudayaan 
1.     Bahasa yaitu bahasa lisan dan tulisan
2.     Sistem pengetahuan terdiri dari 
- pengetahuan tentang sekitar alam
- pengetahuan tentang alam flora
- pengetahuan tentang zat-zat dan bahan mentah
- pengetahuan tentang tubuh manusia
- pengetahuan tentang kelakuan sesama manusia
- pengetahuan tentang ruang waktu dan bilangan
      3.
 Organisasi sosial terdiri dari
- sistem kekerabatan
- sistem kesatuan hidup setempat
- asosiasi dan perkumpulan
- sistem kenegaraan
        4.
 Sistem peralatan dan teknologi, terdiri dari :
- alat-alat produktif
- alat-alat distributif
- wadah-wadah dan tempat-tempat untuk menaruh
- makanan dan minuman
- pakaian dan perhiasan
- tempat berlindung dan perumahan
- senjata
         5.
 Sistem mata pencaharian hidup terdiri dari :
- berburu dan meramu
- perikanan
- bercocok tanam diladang bercocok tanam menetap
- peternakan
- perdagangan
         6.
 Sistem religi terdiri dari :
- sistem kepercayaan
- kesusateraan suci
- sistem upacara keagamaan
- kelompok keagamaan
- ilmu gaib
- nilai dan pandangan hidup
          7.
 Kesenian terdiri dari :
- seni patung
- seni relief
- seni lukis dan gambar
- seni rias
- seni vokal
- seni instrumen
- seni drama
I . Kebudayaan dalam 2
bentuk wujud
- Wujud Abstrak
Wujud budaya seperti ini tidak dapat
dilihat karena berada dalam pikiran individu masing-masing. Dikatakan juga
bahwa wujud ini bukan merupakan kepingan-kepingan yang terlepas melainkan
berkaitan erat dengan hubungannya. Contoh: Pola pikir sebagian orang sumatera,
dalam menyampaikan pendapat mereka cenderung sedikit lebih kasar daripada orang
jawa. Orang sumatera sangat gampang marah dan cepat tersinggung cara
berbicaranya pun kasar. Beigitu juga pola pikir masyarakat lain mengikuti
adat-istiadat mereka masing-masing.
- Wujud Nampak
 Wujud budaya seperti ini
meliputi, kegiatan dengan kata lain aktivitas manusia berinteraksi dalam
lingkungan tertentu. Wujud ini adalah timbal balik dari wujud abstrak. Dengan
adanya gagasan yang ada dalam pikiran manusia menumbulkan aktivitas begitu juga
sebaliknya aktivitas menghasilkan gagasan.
WUJUD KEBUDAYAAN
J. 3 Wujud kebudayaan
menurut dimensi wujudnya
Menurut Koentjaraningrat terdapat 4
wujud kebudayaan
1. Lingkaran paling luar melambangkan kebudayaan sebagai artefacs atau benda-benda fisik =>
bangunan-bangunan seperti candi benda-benda seperti  gelas, piring,
kancing baju. Semua nemda hasil karya tangan manusia bersifat kongkret dapat
diraba serta difoto. 
2. Lingkaran ke 2 melambangkan kebudayaan sebagai sistem tingkah laku dan tindakan berpola
=> tingkah laku manusia seperti menari, berbicara, tingkah laku dalam
melakukan pekerjaan.
3. Lingkaran ke 3 melambangkan kebudayaan sebagai sitem gagasan => gagasan kebudayaandan
tempatnya dalam kepala masing-masing individu  yang menjado warga suatu
kebudayaan  yang dibawa pergi kemana mereka pergi.
4. Lingkaran ke 4 melambangkan kebudayaan sebagai sistem gagasan yang ideologis =>
 gagasan-gagasan yang telah dipelajari oleh warga suatu kebudayaan sejak
usia dini.
ORIENTASI NILAI BUDAYA
K. 5 Masalah pokok
kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya
Menurut C. Kluckhon dalam karyanya
Variations in Value Orientation sistem nilai udaya secara universal menyangkut
lima masalah pokok kehidupan manusia,yaitu :
1.      Hakekat Hidup Manusia hakekat.
Hidup setiap kebudayaan berbeda
secara exstern. Seperti bcrusaha memadamkan hidup,menganggap kelakuan hidup
tertentu sebagai suatu hal yang baik
     2.  Hakekat
karya Manusia.
Kebudayaan hakekatnya berbeda-beda
ada yang bertujuan u-ntuk hidup,dan lain sebagainya.
      3.
 Hakekat waktu Manusia.
Hakekat waktu setiap budaya
berbeda,ada yang mementingkan orientasi masa lampau dan mementingkan orientasi
masa kini.
       4.  Hakekat Alam Manusia.
Manusia memiliki anggapan yang
berbeda,ada yang beranggapan kebudayaan harus mengeksploitasi alam dan ada pula
yang beranggap manusia harus harmonis dengan alam.
       5.  Hakekat
Hubungan Manusia.
Mementingkan hubungan antar sesamanya
dan orientasi pada tokoh,yang berpandanga individualis ditinggalkan saja.
PERUBAHAN KEBUDAYAAN 
L. Faktor-faktor yang
mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan.
Dalam kebudayaan pun terdapat faktor
yang mempengaruhi diterimanya atau ditolak suatu budaya yaitu :
1. Terbatasnya kontak dengan masyarakat
luar disebabkan karena masyarakat yang terlalu menutup diri dengan lingkungan
luar.
2. Pandangan hidup dan nilai-nilai
dominan pada suatu kebudayaan ditentukan oleh agama,maka penerimaan unsur baru
mengalami hambatan yang harus diukur dengan ukuran yang berlandas agama.
3. Corak struktur sosial masyarakat
menentukan proses penerimaan kebudayaan sehingga system otoriter jarang
menerima unsur budaya baru.
4. Unsur budaya yang diterima jika
sebelumnya sudah ada unsur budaya lain yang menjadi landasan bagi unsur
kebudayaan yang baru tersebut.
M. Penyebab terjadinya
gerak/perubahan kebudayaan
Terdapat pula penyebab gerak
perubahan kebudayaan disebabkan oleh :
1. Sebab-sebab yang berasal dari
masyarakat dan kebudayaanya sendiri. Misalnya perubahan jumlah dan kompisisi
penduduk.
2. Sebab-sebab yang berasal dari luar
masyarakat.
N. Hubungan antara
manusia dan kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan
suatu ikatan yang tidak bisa dipisahkan. Manusia dalam hidupnya sudah dalam
hidupnya menciptakan kebudayaan dari kegiatan sehari-harinya dari kejadian yang
dihadapinya . Manusia dan kebudayaan
pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan
dari seorang manusia itu adalah merupakan kebudayaan. Manusia mempunyai empat
kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai
1) penganut kebudayaan,
2) pembawa kebudayaan,
3) manipulator kebudayaan, dan
2) pembawa kebudayaan,
3) manipulator kebudayaan, dan
4) pencipta kebudayaan. Dan manusia melestarikannya secara
turun menurun.
Berikut adalah contoh dari hubungan
manusia dan kebudayaan :
- Kebudayaan khusus atas dasar agama
Adanya berbagai masalah di dalam satu
agama pun melahirkan kepribadian  yang berbeda-beda dikalangan umatnya.
- Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang
pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka
bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat
hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat
tinggal.
O. Pengertian dialektis
- Menurut KBBI :
Hal berbahasa dan bernalar dengan
dialog sebagai cara untuk menyekidiki suatu masalah; 2 ajaran Hegel yang
menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dialam semesta itu terdiri dari
hasil pertentangan antara dua hal yang menimbulkan hal lain lagi.
- Dialektika disini berasal dari dialog komunikasi sehari-hari. Ada pendapat dilontarkan ke hadapan publik. Kemudian muncul tentangan terhadap pendapat tersebut. Kedua posisi yang saling bertentangan ini didamaikan dengan sebuah pendapat yang lebih lengkap. Dari fenomen dialog ini dapat dilihat tiga tahap yakni tesis, antitesis dan sintesis. Tesis disini dimaksudkan sebagai pendapat awal tersebut. Antitesis yakni lawan atau oposisinya. Sedangkan Sintesis merupakan pendamaian dari keduanya baik tesis dan antitesis. Dalam sintesis ini terjadi peniadaan dan pembatalan baik itu tesis dan antitesis. Keduanya menjadi tidak berlaku lagi. Dapat dikatakan pula, kedua hal tersebut disimpan dan diangkat ke taraf yang lebih tinggi. Tentunya kebenaran baik dalam tesis dan antitesis masih dipertahankan. Dalam kacamata Hegel, proses ini disebut sebagai aufgehoben. Dialektika juga dimaksudkan sebagai cara berpikir untuk memperoleh penyatuan (sintesis) dari dua hal yang saling bertentangan (tesis versus antitesis). Dengan term aufgehoben, konsep ”ada” (tesis) dan konsep ”tidak ada” (antitesis) mendapatkan bentuk penyatuannya dalam konsep ”menjadi” (sintesis). Di dalam konsep ”menjadi”, terdapat konsep ”ada” dan ”tidak ada” sehingga konsep ”ada” atau ”tidak ada” dinyatakan batal atau ditiadakan. Dialektika menjadi sebuah perkembangan Yang Absolut untuk bertemu dengan dirinya sendiri. Ide yang Absolut merupakan hasil perkembangan. Konsep-konsep dan ide-ide bukanlah bayangan yang kaku melainkan mengalir. Metode dialektika menjadi sebuah gerak untuk menciptakan kebaruan dan perlawanan. Dengan tiga tahap yakni tesis, antitesis dan sintesis setiap ide-ide, konsep-konsep (tesis) berubah menjadi lawannya (antitesis). Pertentangan ini ”diangkat” dalam satu tingkat yang lebih tinggi dan menghasilkan sintesis. Hal baru ini (sintesis) kemudian menjadi tesis yang menimbulkan antitesis lagi lalu sintesis lagi. Proses gerak yang dinamis ini sampai akhirnya melahirkan suatu universalitas dari gejala-gejala. Itulah Yang Absolut yang disebut Roh dalam filsafat Hegel. Secara umum dapat kita lihat bahwa dialektika Hegel memiliki tiga aspek yang perlu diperhatikan. Pertama, sistem dialektika ini berbentuk tripleks atau triadik. Kedua, dialektika ini bersifat ontologis sebagai sebuah konsep. Aplikasinya adalah terhadap benda dan benduk dari ada dan tidak sebatas pada konsep. Ketiga, dialektika Hegel memiliki tujuan akhir (telos) di dalam konsep abstrak yang disebut Hegel sebagai Idea atau Idea Absolut dan konkretnya pada Roh Absolut atau Roh (Spirit, Geist). Terdapat tiga elemen esensial akan dialektika Hege. Pertama, berpikir itu memikirkan dalam dirinya untuk dan oleh dirinya sendiri. Kedua, dialektika merupakan hasil berpikir terus menerus akan kontradiksi. Ketiga, kesatuan kepastian akan kontradiksi tersublimasi di dalam kesatuan. Itulah kodrat akan dirinya dialektika itu sendiri.
P. 3 Tahap proses
dialektis
1.  Eksternalisasi yaitu proses dimana manusia mengekspresikan
dirinya dengan membangun dunianya.
2.  Obyektivitasi yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas
obyektif.
3.  Internalisasi yaitu proses dimana masyarakat disergap
kembali oleh manusia.
Konsepsi Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan
PENDEKATAN KESUSASTRAAN
A. Pengertian sastra dan seni
Sastra 
(Sansekerta:shastra) merupakan kata serapan dari bahasa sansekerta yang 
berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "dari kata dasar 'sas' 
yang berarti"instruksi" atau "ajaran" dan 'tra' yang berati "alat" atau 
"sarana". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk 
pada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti 
ataukeindahan tertentu. Sastra lebih mengacu sesuai definisinya sebagai 
sekedar teks.
Selain 
kita telah mengenal sastra kita juga pasti telah mengetahui seni, seni 
ini sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seni juga sudah 
menjadi kebutuhan sehari-hari dalam hidup manusia. Seni berasal dari 
kata sani (Sansekerta) yang berarti pemujaan persembahandan pelayanan. 
Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut 
kesenian. Berikut definisi seni menurut para ahli :
- Aristoteles "seni adalah peniruan terhadapa alam tetapi sifatnya harus ideal"
- Plato dan Rousseau " seni adalah hasil peniruan alam dengan segala isinya"
- Ensiklopedi Indonesia ''seni merupakan ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya"
B. Peranan sastra
Sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan 
untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. Dalam usahanya
 untuk memahami dirinya sendiri yang kemudian melahirkan filsafat, 
manusia mempergunakan bahasa. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi 
karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. 
Sementara itu filsafat yang juga mempergunakan bahasa adalah abstraksi.
C. Hubungan Sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar
Masalah
 sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya dasar, 
karena materi – materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar ada yang 
berkaitan dengan sastra dan seni. Budaya Indonesia sanagat menunjukkan 
adanya sastra dan seni didalamnya. 
Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan masalah sebagai berikut :
1.
 kenyataan bahwa bangsa indonesia berdiri atas suku bangsa dengan segala
 keanekaragaman budaya yg tercemin dalam berbagai aspek kebudayaannya, 
yg biasanya tidak lepas dari ikatan2 primordial, kesukaan, dan 
kedaerahan .
2.
 Proses pembangunan yg sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan 
dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran 
sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena
 pengaruhnya .
3.
 kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi 
kehidupan mausia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, 
sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yg telah 
diciptakannya .
ILMU BUDAYA DASAR yang dihubungkan dengan prosa
D. Pengertian Prosa
Prosa adalah suatu tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi 
ritme yang dimilikinya lebih besar , serta bahasnya yang sesuai dengan 
arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahas latin "Prosa" yang 
artinya " terus terang ".. Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk 
mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Prosa dapat digunakan untuk surat 
kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat , serta berbagai jenis media 
lainnnya. Prosa juga dibagi dalam 2 bagian yaitu prosa lama dan prosa 
baru. Prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi 
budaya barat sedangkan prosa baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa
 aturan apa pun.
E. Jenis-jenis Prosa
Prosa dibagi menjadi 4 jenis yaitu
- Prosa naratif
- Prosa deskriptif
- Prosa eksposisi
- Prosa argumentatif
F. 5 Komponen prosa baru dan lama
Prosa lama terdiri dari :
- Dongeng
- Hikayat
- Sejarah
- Epos
- Cerita pelipur lara
Prosa baru terdiri dari :
- Cerpen
- Roman/Novel
- Biografi
- Kisah
- Resensi
- Esai
- Otobiografi
NILAI-NILAI DALAM PROSA FIKSI
G. Pengertian Prosa Fiksi 
Menurut isinya prosa dibagi menjadi 2, yaitu
- Prosa fiksi
- Prosa non fiksi
Prosa fiksi adalah prosa yang berupa 
cerita rekaan atau khayalan pengarangnya. Isi cerita tidak sepenuhnya 
berdasarkan pada fakta, Prosa Fiksi disebut juga karangan narasi 
sugestif/imajinatif. Dalam bentuk prosa fiksi yang non konvensional itu,
 tujuan umumnya hanya ingin menampilkan gagasan secara aktual lewat 
karya prosa yang ditampilkannya. untuk memahaminya, pembaca harus 
memiliki bekal ilmu humanitas terutama psikologi dan filsafat.
H. Nilai-nilai yang ada dalam prosa fiksi
Dalam suatu karya sastra pasti membawakan atau berisi pesan moral yang berarti karya-karya sastra tersebut mempunyai nilai-nilai. Berikut nila-nilai dalam Prosa :
Dalam suatu karya sastra pasti membawakan atau berisi pesan moral yang berarti karya-karya sastra tersebut mempunyai nilai-nilai. Berikut nila-nilai dalam Prosa :
- Prosa fiksi memberikan kesenangan
- Prosa fiksi memberikan informasi
- Prosa fiksi memberikan warisan kultural
- Prosa fiksi memberikan keseimbangan wawasan
I. Karya sastra
Sastra berupa Pantun 
- PANTUN ADAT
         1.  Menanam kelapa di pulau Bukum
              Tinggi sedepa sudah berubah
              Adat bermula dengan hukum
              Hukum bersandar di Kitabullah
         2.  Ikan berenang didalam lubuk
              Ikan belida dadanya panjang
              Adat pinang pulang ke tampuk
              Adat sirih pulang ke gagang
- PANTUN PERCINTAAN
          1.  Coba-coba menanam mumbang
               Moga-moga tumbuh kelapa
               Coba-coba bertanam sayang
               Moga-moga menjadi cinta
           2. Limau purut lebat dipangkal
               Sayang selasih condong uratnya
               Angin ribut dapat di tangkal 
               Hati yang kasih apa obatnya 
ILMU BUDAY DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
J. Pengertian puisi
Puisi adalah seni tertulis dimana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan
atau selain arti semantiknya. puisi 
termasuk sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian dan kesenian 
adalahunsur darikebudayaan. Puisi adalah eksprei pengalaman jiwa penyair
 mengenai kehidupan manusia, alam dan Tuhan melalui media bahasa yang 
artistik yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya. Kepuitisan 
dan karakteristik bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam
 membangun puisinya dan menggunakan :
- Figura bahasa seoerti gaya personifikasi,metafora,dan sebagainya
- Kata-kata yang ambiquuitas
- Kata-kata yang konotatif
- Pengulangan
MANUSIA DAN CINTA KASIH
PENGERTIAN CINTA KASIH
A. Pengertian Cinta Kaish 
Cinta, boleh jadi merupakan suatu istilah yang sulit untuk dibatasi 
secara jelas. Kendatipun demikian, sulit juga untuk diingkari bahwa 
cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang cukup fundamental. 
Cinta adalah suatu kegiatan,dan bukan merupakan pengaruh yang pasif. 
Secara sederhana cinta bisa dikaitkan sebagai paduan rasa simpati antara
 dua mahluk. Rasa simpati ini tidak hanya berkembang diantara pria dan 
wanita akan tetapi bisa juga diantara pria dengan pria dan wanita dengan
 wanita. Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir sama ,namun 
terdapat perbedaan juga antara keduanya, Cinta lebih mengandung 
pengertian mendalamnya rasa. sedangkan kasih dari keluarnya dengan kata 
lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan 
secara nyata.
B. Cinta menurut ajaran agama
1. Cinta kepada Tuhan
Cinta kepada Tuhan merupakan cinta yang paling utama pada manusia. Jika kita tidak mencintai Tuhan, bagaimana bisa kita mencintai sesama makhluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu cinta kepada Tuhan adalah cinta yang paling utama.
1. Cinta kepada Tuhan
Cinta kepada Tuhan merupakan cinta yang paling utama pada manusia. Jika kita tidak mencintai Tuhan, bagaimana bisa kita mencintai sesama makhluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu cinta kepada Tuhan adalah cinta yang paling utama.
2. Cinta kepada orangtua
Cinta kepada orangtua merupakan wajib hukumnya bagi seorang anak. Tanpa adanya orangtua, kita tidak bisa menjadi seperti sekarang. Bagaimana jika orang tua tidak mencintai kita? kita tidak akan hidup layak seperti sekarang ini. Mau bagaimana pun kondisi orangtua, karakter orangtua , kita harus tetap mencintai karena mereka adalah orang yang sudah mendidik kita dari kecil hingga menjadi seperti ini.
3. Cinta kepada sesama makhluk Tuhan
Cinta kepada sesama makhluk tuhan sama saja kita seperti mencintai Tuhan. Kita harus berdamai dan menghargai sesama makhluk Tuhan. Sebab tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna dan sama derajatnya di mata Tuhan.
C. Kasih sayang 
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S.Purwodarminto, kasih 
sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta  atau perasaan 
suka kepada seseorang . Ada berbagai macam bentuk kasih sayang , bentuk 
itu sesuai dengan kondisi penyayang yang disayangi. Dalam kehidupam 
rumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan . Kasih sayang ini
 merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi bila diakhiri 
dengan perkawinan maka didalam keluarga bukan lagi bercinta-cinta 
melainkan kasih dan saling mengasihi. Dalam kasih sayang dituntut untuk 
bertanggung jawab, pengorbanan, saling terbuka, saling percaya, sehingga
 keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Misalkan dalam 
keluarga tersebut tanggung jawab retak maka keluarga tersebut runtuh. 
sama halnya jika dalam keluarga tidak saling percaya dan tidak ada 
kejujuran maka rumah tangga tersubut terancam kebahagiannya.
Adapula bermacam-macam kasih sayang dalam kehidupan semua orang tua 
mengharapkan hidup anaknya bahagia. Karena itu tidak sedikit orang tua 
menumpahkan kasih sayang secara berbeda-beda sesuai kemapuan dan 
pendapatnya. Ada yang secara berlebihan, disiplin, secara memberikan 
kebebasan dan sebagainya . Karna itu ada yang berhasil ada yang gagal.
D. Kemesraan 
E. Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.
Sebagai contoh dari bentuk pemujaan yang berupa ritual atau dengan kata lain berhubungan dengan suatu gerakan-gerakan dan ucapan khusus adalah cara bagai mana seseorang beribadah, misalnya bagi seorang muslim bentuk ritualnya adalah sholat, dan bagi seorang kristiani melaksanakan ritual pembaptisan.
F. Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta.
- Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan.
- Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara.
- Cinta erros atau amor ini ialah cinta antara pria dan wanita.
Beda antara cinta amor dan eros ini adalah citna eros cinta karena kodrati sebagi laki-lakai dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil. Cinta terhdap sesama merupakan perpaduan cinta agape dan cinta philia. Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesama ini diberi istilah belas kasihan, karena cinta disini buka karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena penderitaannya.
G. Cinta kasih erotis
Cinta kasih erotis adalah rasa cinta yang dipenuhi napsu (birahi) dan rasa ingin memiliki lebih. rasa cinta seperti ini biasanya dimiliki oleh orang yang sudah menikah.
MANUSIA DAN KEINDAHAN
 

KEINDAHAN
A. Pengertian keindahaan
Keindahan 
biasanya orang-orang menilai bahwa keindahan itu hanya terdapat pada 
alam saja, padahal keindahan itu tedapat pada banyak hal pengertian 
keindahan dalam kamus KBBI adalah Keadaan yang enak dipandang , cantik, 
bagus atau elok. jadi keindahaan bukan hanya terletak pada satu objek 
yaitu alam tetapi keindahan dapat dilihat dari segi apa aja, entah 
kecantikan seorang wanita , pakaian yang indah, rumah yang indah, dan 
lain lain.
B. Keindahan sebagai sesuatu abstark dan sebagai sebuah benda tertentu
Keindahan 
 itu baru jelas jika dihubungkan oleh sesuatu yang berwujud . Keindahan 
itu baru dapat dinikmati dengan suatu bentuk. Menurut cakupannya orang 
membedakan antara keindahan sebagai suatu yang abstrak dan sebagai 
sebuah benda tertentu yang indah.
C. Pengertian keindahaan secara luas 
Menurut The 
Liang Gie menjelaskan, bahwa keindahan dalam arti luas mengandung 
pengertian ide kebaikan. Contohnya saja Plato menyebutkan watak yang dan
 hukum yang indah. Orang Yunani berbicara pula mengenai buahpikiran yang
 indah dan adat kebiasaan yang indah jadi keindahan itu ada keindahan 
seni, keindahan alam, keindahan moral, keindahan intelektual. 
D. Nilai Estetik
Nilai 
biasanya sering kali dipakai dalam bidang filsafat untuk kata benda 
abstrak. Hal itu bererti , bahwa nilai adalah semata-mata realita 
psikologi yag harus dibedakan secara tegas dari kegunaannya , karena 
terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada kehendaknyya sendiri. Nilai 
estetik berarti kebenaran atau kebaikan.
E. Membedakan nilai ekstrinsik dan instrinsik
Dalam nilai 
estetik tadi terdapat nilai-nilai yang penting salah satunya nilai 
ekstrinsik dan nilain intrinsik. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari
 suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya 
sedangkan nilai inreinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan
 , atau sebagai suatu tujuan , ataupun demi kepentingan benda itu sendir
 secara seaderhanaya saja nilai intrisik dipandang dari isinya tetapi 
nilai ekstrinsik dari bendanya.
Dalam arti katanya kontemplasi bisa diartikan sebagai renungan yang disertai dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuh. Di kalangan umum kontemplasi diartikan sebagai aktivitas melihat dengan mata atau dengan pikiran untuk mencari sesuatu dibalik yang tampak atau tersurat misalnya, dalam ekspresi seseorang sedang berkontemplasi dengan bayang-bayang atau dirinya dimuka cermin. Dalam kehidupan sehari-hari orang mungkin berkontemplasi dengan dirinya sendiri atau mungkin juga dengan benda-benda ciptaan Tuhan atau dengan peristiwa kehidupan tertentu berkenaan dengan dirinya atau di luar dirinya.
Ekstansi
 bertujuan untuk merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Ekstansi 
dapat diartikan sebagai dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, 
merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Apabila kontemplasi dan 
ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kontemplasi itu faktor
 pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi merupakan 
faktor pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan. Karena derajat 
atau tingkat kontemplasi dan ekstansi itu berbeda-beda antara setiap 
manusia, maka tanggapan terhadap keindahan karya seni juga berbeda-beda.
 Apabila kedua unsur tersebut digabungkan akan menciptakan penilaian 
yang indah. Keindahan yang didasarkan pada selera seni juga didukung 
oleh faktor kontemplasi dan ekstansi.
RENUNGAN
G. Teori-teori dalam renungan
Setiap
 orang pernah merenung. renungan berasal dari kata renung, merenung 
artinya dengan diam-diam indidu memikirkan sesuatu , atau memikirkan 
sesuatu dengan dalam0dalam. Hasil dari merenung tersebut disebut 
renungan. Renungan atau pemikiran yang berhubungan dengan keindahaan 
didasarkan atas 3 macam teori  yaitu
- Teori Pengungkapan (Benedetto Croce-seni pengungkapan kesan-kesan)
- Teori Metafisika (Plato-adanya dunia ide pada taraf yang tinggi sebagai realita ilahi)
- Teori Psikologis (karya seninya merupakan bentuk terselubung)
KESERASIAN
H. Teori-teori keserasian
Keserasian 
biasanya kita menilai hal tersebut dalam hal objek misalkan dalam 
berpakaian, Keserasian sendiri berasal dari kata serasi serasi dari kata
 dasar  artinya cocok atau sesuai . Mengandung unsur pengertian 
perpaduan, seimbang. 
A.  Teori Objektif dan Subjektif
- Teori Objectif berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri yang menciptak nilai estetika adalah sifat (kulitas) yang memang melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya.Pendukung teori objectif adalah Plato, Hegel
- Teori Subjectif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri sesorang yang mengamati suatu benda. Pendukung nya adalah Henry Home, Earlof Shaffesburry .
Dalam
 arti yang terbatas yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan 
angka-angka, keindahan hanyalah kesan yang subjektif sifatnya dan 
berpendapat bahwa keindahan sesungguhnya tercipta dan tidak ada 
keteraturan yakni tersusun dari daya hidup penggembaraan, dan 
pelimpahan.
MANUSIA DAN PENDERITAAN

PENGERTIAN PENDERITAAN 
A. Pengertian penderitaan 
Penderitaan
 adalah bahasa yang sering kita dengar. Penderitaan berasal  dari kata 
derita.Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan 
atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang 
tidak menyenangkan. penderitaan bisa bersifat lahir dan bersifat batin. 
Setiap manusia memiliki penderitaan yang berbeda –beda. Manusia 
dikatakan menderita apa bila dia memiliki masalah, depresi karena 
tekanan hidup, dan lain .
B. Contoh-contoh penderitaan
Di bawah ini adalah beberapa contoh penderitaan yang mungkin sering kita lihat di lingkungan kita.
- Pemutusan hak kerja
Bagi orang yang sudah berkeluarga mungkin penderitaan ini yang paling  di takutkan apalagi bagi seorang ayah yang mempunyai kewajiban
menafkahi keluarganya,hal ini akan berdampak buruk tidak hanya bagi sang 
 yah namun juga bagi keluarganya.
      2.  Kehilangan orang tua
Hubungan
 kita dengan orang tua merupakan suatu hubungan yang unik. Oleh sebab 
itu pasangan diharapkan bisa memahami makna kehilangan ini. Misalnya 
dengan berusaha menggantikan posisinya demi mendukung pasangan. Antara 
lain dengan cara selalu berada di dekatnya, menjadi pendengar yang baik,
 dan selalu siap membantunya.
SIKSAAN
C. PENGERTIAN SIKSAAN
D. PHOBIA
Phobia adalah ketakutakan terhadap sesuatu secara berlebihan. Phonia bisa disebabkan karena trauma atau pengalaman buruk yang peranhdialami orang tersebut pada waktu masih kecil atau pengalaman unik yang tak terlupakan. Beberapa jenis phobia yang sering kita jumpai adalah phobia terhadap ketinggian, hewan peliharaan kegelapan dan reptil.
ternyata phobia sendiri terbagi dari menjadi beberapa jenis yaitu :
- Clinophobia
- Agrizoophobia
- Novercaphobia
- Heliophobia
- Alektorophobia
- Amaxophobia
- Hedonophobia
- Sinophobia
- Soceraphobia
- Ombrophobia
- Pharmacophobia
E. 3 Sifat siksaan psikis
- Kebimbangan, siksaan ini terjadi ketika manusia sulit untuk menentukan pilihan yang mana akan meraka ambil dan mereka tidak ambil. Situasi ini sangat membuat psikis manusia tidak stabil dan butuh pertimbangan yang amat sangat sulit.
- Kesepian, merupakan perasaan sepi yang amat sangat tidak diinginkan oleh setiap manusia. Pada hakikatnya manusia itu adalah makhluk yang bersosial ,hidup bersama dan tidak hidup seorang diri.Faktor ini dapat mengakibatkan depresi kejiwaan yang berat dan merupakan siksaan paling mendalam yang menimpa rohani manusia
- Ketakutan, adalah suatu reaksi psikis emosional terhadap sesuatu yang ditakuti oleh manusia. Rasa takut ini dapat menimbulkan traumatik yang amat mendalam. Dampaknya manusia bisa kehilangan akal pikirannya dan membuat manusia berkejatuhan mental.
KEKALUTAN MENTAL
F. Pengertian kekalutan mental
Pengertian
 kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang 
mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa 
tidak berdaya. Saat mendapat kekalutan mental berarti seseorang tersebut
 sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang mesti 
dilakukan oleh orang tersebut. Dengan mental yang jatuh tersebut tak 
jarang membuat orang yang mengalami kejatuhan mental menjadi tak waras 
lagi atau gila. Karena itu orang yang mengalami kejatuhan atau kekalutan
 mental seharusnya mendapat dukungan moril dari orang-orang dekat di 
sekitarnya seperti orangtua, keluarga atau bahkan teman-teman dekat atau
 teman-teman pergaulannya. Hal tersebut dibutuhkan agar orang tersebut 
mendapat semangat lagi dalam hidup.
G. Gejala-gejala seseorang mengalami kekalutan mental
- Jasmaninya sering merasakan pusing-pusing, sesak napas, demam dan nyeri pada lambung.
- Jiwanya sering menunjukkan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, dan mudah marah.
H. Tahap-tahap gangguan kejiwaan
Tahapan-tahapan gangguan jiwa adalah :
- Gangguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohaninya.
 
- Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif, yaitu mundur atau lari, sehingga cara bertahan dirinya salah, pada orang yang tidak menderita gangguan kejiwaan bila menghadapi persoalan, justru lekas memecahkan problemnya, sehingga tidak menekan perasaannya.
- Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan.
I. Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental
- Kepribadian yang lemah.
- Terjadinya konflik sosial budaya.
- Cara pematangan batin.
J. Proses kekalutan mental
Proses-proses kekalutan mental yang dialami oleh seseorang mendorongnya ke arah
- Positif : trauma (luka jiwa) yang dialami dijawab secara baik sebagai usaha agar tetap survive dalam hidup, misalnya melakukan sholat tahajut waktu malam hari untuk memperoleh ketenangan dan mencari jalan keluar untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya, ataupun melakukan kegitan yang positif setelah kejatuhan dalam kehidupan.
- Negatif : trauma dialami diperlannkan atau diperturutkan, sehingga yangbersangkutan mengalami frustasi,yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya apa yang diinginkan
PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
K. Hubungan penderitaan dan perjuangan
Setiap
 manusia yang ada di dunia ini pasti akan mengalami penderitaan, baik 
yang berat maupun yang ringan. Penderitaan adalah bagiuan kehidupan 
manusia yang bersifat kodrati. Karena tergantung kepada manusia itu 
sendiri bisa menyelesaikan masalah itu semaksimal munkgin apa tidak. 
Manusia dalah makhluk berbudaya, dengan budaya itulah ia berusdaha 
mengatasi penderitaan yang mengancam hidupnya atau yang dialaminya. Hal 
ini bisa mebuat manusia kkreatif, baik bagi penderita sendiri maupun 
bagi orang lain yang melihat atau berada di sekitarnya. Penderitaan
 dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya sudah menjadi konsekuensi 
manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk 
bahagia, tetapi juga harus merasakan penderitaan. Manusia juga harus 
optimis tiap mengalami penderitaan tersebut. Katena penderitaan 
sebagaimana halnya hanya sebagai ujian dari yang Maha Kuasa. Pembebasan
 dari penderitaan pada hakekatnya untuk meneruskan kelangsungan hidup. 
Caranya manusia terssebut harus berjuang menghadapi tantangan hidup 
dalam alam lingkungan, masyarakat sekitar, dengan waspada dan disertai 
doa kepada Tuhan supaya kita bisa terhindar dari segala bahaya dan 
malapetaka. Manusia hanya berencana tetapi Tuhan juga yang menentukan. 
Kelalaian manusia bisa menjadi sumber dari segala penderitaan tersebut. 
Penderitaan yang terjadi selasin dialami sendiri ole orang yang 
bersangkutan, tetpi juga bisa dialamai oleh orang lain. Penderitaan juga
 bisa terjadi akibat kelalaian orang lain atau penderitaan orang lain.
PENDERITAAN, MEDIA MASA DAN SENIMAN
L.  Hubungan penderitaan, media masa dan seniman
Bagi
 media masa dan seniman penderitaan dibuat melalui karya sastra yang 
dapat dikomunikasikan kepada masyarakat sehingga ikut merasakan 
penderiaan tersebut. Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi
 penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan 
teknologi dan sebagainya. Penderitaan
 yang terjadi di seluruh dunia merupakan salahs atu obyek sasaran media 
massa untuk membuat berita,kemudian akan sampai ke seluruh penjuru 
masyarakat termasukpara seniman yang kemudian akan mengapresiasikan 
rasasimpatinya melalui karya seni
M. Sebab-sebab timbulnya penderitaan
Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan
 ini menyangkut tentang manusia dan lingkungan sekitarnya. Penderitaan 
ini kadang disebut nasib buruk. Nasib buruk ini dapat diperbaiki manusia
 hingga menjadi nasib baik. Dengan kata lain manusialah yang dapat 
memperbaiki nasibnya. Tetapi kalau takdir Allah yang menentukan kita 
hanya bisa menerima, sedangkan nasib buruk itu manusia sebagai 
penyebabnya. Maka dari itu manusia dituntut untuk berusaha untuk 
mendapatkan kehidupan sebaik baiknya dengan cara yang baik pula.
N. Pengaruh penderitaan pada seseorang yang mengalami penderitaan
- Sikap positif : sikap optimis mengatasi penderitaan hidup bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan
- Sikap negatif : penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri.
MANUSIA DAN KEADILAN
PENGERTIAN KEADILAN
A. Pengertian keadilan
Keadilan 
adalah perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Jika kita 
mengakui hak hidup kita maka sebaliknya kita wajib mempertahankan hak 
hidup dengan bekerja keras tanpa merugikan orang lain karena orang lain 
pun memiliki hak hidupnya sendiri. 
B. Makna keadilan
Beberapa makna keadilan, antara lain;
- adil berarti “sama” Manusia memang tidak seharusnya dibeda-bedakan satu sama lain berdasarkan latar belakangnya. Kaya-papa, laki-puteri, pejabat-rakyat, dan sebagainya, harus diposisikan setara.
- adil berarti “seimbang” Seandainya ada salah satu anggota tubuh kita berlebih atau berkurang dari kadar atau syarat yang seharusnya, pasti tidak akan terjadi keseimbangan (keadilan).
- Ketiga, adil berarti “perhatian terhadap hak-hak individu dan memberikan hak-hak itu pada setiap pemiliknya”
C. Contoh keadilan
Contoh Keadilan:
Seorang 
koruptor yang memakan uang rakyat. Koruptor di tangkap dan dimasukan 
kepenjara selama 2 tahun tanpa ada goresan luka sedikit pun pada 
wajahnya. Hal tersebut mencerminkan bahwa hakim dan jaksa di indonesia 
tidak adil pada rakyat kecil yang dikarenakan mencuri dompet mendapatkan
 masa kurungan lebih dari sang koruptor, padahal koruptor lah yang 
mencuri uang rakyat lebih banyak dari pada pencopet itu. Bahkan koruptor
 bisa mendapatkan fasilitas yang istimewa bahkan seperti apartemen 
didalam penjara.
KEADILAN SOSIAL
D. Sila yang berhubungan dengan keadilan
Dasar negara
 Indonesia addlah pancasila didalamnya terdapat 5 sila sila yang 
mengandung isi tentang keadilan adalah sila ke-5 yaitu ''Keadilan sosial
 bagi seluruh rakyat Indonesia"
makna dari 
isi sila tersebut adalah mengajak masyarakat  aktif dalam membeikan 
sumbangan yang wajar sesuai dengan kemampuan dan kedudukan masing-masing
 kepada negara demi terwujudnya kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan 
lahir dan batin selengkap mungkin bagi seluruh rakyat Indonesia. 
Keadilan sosial ialah sifat masyarakat adil dan makmur berbahagia untuk 
semua orang tidak ada penghinaan , tidak ada penghisapan bahagia 
material dan spriritual lahir dan batin 
E. 5 Wujud keadilan sosial yang diperinci dalam perbuatan dan sikap
- Perbuatan luhur yang mencerminkan suasana kekeluargaan.
- Sikap adil terhaclap sesama. rnenjaaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
- Sikap suka memberi pertolongan kepada orang yang memerlukan
- Sikap suka bekerja keras
- Sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahleraan bersama
F. 8 Jalur pemerataan yang merupakan asas keadilan sosial
- Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat banyak khususnya pangan, sandang dan perumahan.
- Pemerataan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan
- Pemerataan pembagian pendapatan.
- Pemerataan kesempatan kerja.
- Pemerataan kesempatan berusaha.
- Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita.
- Pemerataan penyebaran pembangunan di seluruh wilayah tanah air.
- Pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.
BERBAGAI MACAM KEADILAN
G. Macam-macam keadilan
- Keadilan Legal atau Keadilan Moral
- Keadilan Distributif
- Komutatif (Keadilan ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum)
KEJUJURAN 
H. Pengertian kejujuran
Jujur
 berarti apa yang disampaikan atau dikatakan seseorang sesuai dengan 
hatinuraninya . Jujur juga berarti hati seseorang bersih dari perbuatan 
yang dilarang oleh agama dan hukum.
I. Hakekat kejujuran
Hakikat
 kejujuran dalam hal ini adalah hak yang telah tertetapkan, dan 
terhubung kepada Tuhan. Ia akan sampai kepada-Nya, sehingga balasannya 
akan didapatkan di dunia dan akhirat. Tuhan telah menjelaskan tentang 
orang-orang yang berbuat kebajikan, dan memuji mereka atas apa yang 
telah diperbuat, baik berupa keimanan, sedekah ataupun kesabaran. Bahwa 
mereka itu adalah orang-orang jujur dan benar. Dan pada hakekatnya jujur
 atau kejujuran dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi, kesadaran 
pengakuan akan adanya sama hak dan kewajiban, serta rasa takut terhadap 
kesalahan atau dosa.
KECURANGAN
J. Pengertian kecurangan
Kecurangan
 identik dengan ketidakjujuran sama juga dengan licik meskipun tidak 
serupa benar. Curang artinya apa yang dikatakan tidak sesuai dengan hati
 nuraninya. Kecurangan juga dapat diartikan ingin menguntungkan diri 
sendiri tanpa memikirkan orang lain keuntungan yang berupa materi.
K. Sebab-sebab orang melakukan kecurangan
Bermacam-macam sebab orang melakukan kecurangan. Ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya, ada 4 aspek yaitu :
1. Aspek ekonomi
2. Aspek kebudayaan
3. Aspek peradaban
4. Aspek teknik.
Apabila keempat aspek tersebut dilaksanakan secara wajar, maka segalanya akan berjalan sesuai dengan norma-norma moral atau norma hukum. Akan tetapi, apabila manusia dalam hatinya telah digerogoti jiwa tamak, iri, dengki, maka manusia akan melakukan perbuatan yang melanggar norma tersebut dan jadilah kecurangan.
PEMULIHAN NAMA BAIK
L. Nama Baik
Nama
 baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang 
tidak tercela. Setiap orang menjaga dengan hati-hati agar namanya tetap 
baik. Lebih-lebih jika Ia menjadi teladan bagi orang/tetangga 
disekitamya adalah suatu kebanggaan batin yang tak temilai harganya.
M. Hakekat pemulihan nama baik
Pada
 hakekatnya pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala 
kesalahannya , bahwa apa yang diperbuatnya tidak sesuai dengan ukuran 
modal atau tidak sesuai dengan akhlak.
PEMBALASAN
N. Pengertian pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itudapat
 berupa perbuatan yang serupa ,perbuatan yang seimbang yang setimpal 
O. Penyebab pembalasan
Pembalasan disbabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat 
mendapat balasan yang bersahabat. Sebaliknya, pergaulan yang dipenuhi 
rasa kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula.
P. Contoh Pembalasan
Contoh pembalasan yang positif misalkan
A memberikan si B makanan dan suatu ketika si B memberikan minuman juga kepada si A.
Cntoh pembalsan yang negatif misalkan
A memukul si B lali B juga membalas pukulan si A
MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP DAN IDEOLOGI
A. Pengertian pandangan hidup
Pengertian pandangan hidup adalah suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup, dimana dengan aturan aturan yang di buat untuk mencapai yang di cita citakan. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan sarana ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. Sedangkan ideologi adalah cara berpandang atau berpikir suatu individu, kelompok yanhg digunakan sebagi pedoman hidup untuk berbangsa dan bernegara.
B. Cita-cita
Cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan semacam garis linier yang makin lama makin tinggi, dengan perkataan lain, cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya. Contoh cita-cita adalah misalkan si A berkeinginan menjadi dokter si B menginginkan menjadi pilot
Pengertian pandangan hidup adalah suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup, dimana dengan aturan aturan yang di buat untuk mencapai yang di cita citakan. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan sarana ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. Sedangkan ideologi adalah cara berpandang atau berpikir suatu individu, kelompok yanhg digunakan sebagi pedoman hidup untuk berbangsa dan bernegara.
B. Cita-cita
Cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan semacam garis linier yang makin lama makin tinggi, dengan perkataan lain, cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya. Contoh cita-cita adalah misalkan si A berkeinginan menjadi dokter si B menginginkan menjadi pilot
C. Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Makna kebajikan Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan. Manusia merupakan mahluk sosial: manusia hidup bermasyarakat, manusia saling membutuhkan, saling menolong, saling menghargai sesama anggota masyarakat. Sebaliknya pula saling mencurigai, saling membenci, saling merugikan, dan sebagainya. Sebagai mahluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik buruk itu ditentukan oleh suara hati. Suara hati adalah semacam bisikan di dalam hati yang mendesak seseorang, untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku.
D. Usaha dan perjuangan
Usaha/perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita – cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk melanjutkan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan, perjuangan untuk hidup dan ini sudah kodrat manusia. Tanpa usaha/perjuangan manusia tak dapat hidup sempurna. Apabila manusia ingin menjadi kaya, ia harus kerja keras. Bila seseorang ingin menjadi ilmuwan, ia harus rajin belajar dan mengikuti semua ketentuan akademik.
E. Keyakinan dan kepercayaan
Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran.[1] Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar -- atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru. Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar.
F. Langkah-langkah pandangan hidup
Manusia pasti mempunyai pandangan hidup walau bagaimanapun bentuknya. Bagaimana kita memeperlakukan pandangan hidup itu tergantung pada orang yang bersangkutan. Ada yang memperlakukan pandangan hidup itu sebagai sarana mencapai tujuan dan ada pula yang memperlakukaan sebagai penimbul kesejahteraan, ketentraman dan sebagainya.
pandangan hidup sebagai sarana mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik. Adapun langkah-langkah itu sebagai berikut :
(1) Mengenal
(2) Mengerti
(3) Menghayati
(4) Meyakini
(5) Mengabdi
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
 
PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
A. Pengertian manusia dan tanggung jawab
Manusia pada haikatnya adalahmahluk yang bertanggung jawab . Disebut demikian karena manusia , selain merupakan mahluk individual dan mahluk sosial, jga merupakan mahluk Tuhan, karena itu manusia mempunyai tuntutan yang besar untuk bertanggung jawab. Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagian, sebab dapat menunaikan kewajibannya .
MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
B. Macam-macam Tanggung jawab dan contohnya
Dalam hal ini manusia juga mempunyai tanggung jawab masing-masing dibagi menjadi 4 macam tanggung jawab berdasarkan sifat dasar manusia
1. Tanggung jawab kepada keluarga
Masyarakat kecil ialah keluarga. Keluarga terdiri dari suami istri,ayah ibu, dan anak-anak juga dan orang lain yang menjadi anggota keluarga. Setiap anggita keluarga mempunyaitanggung jawab masing-masing
contoh :
Misalkan bapak Tono menyeleweng dengan istri tetanggannya berarti sebagai suami Tono tidak bertanggung jawab yang kedua misalkan istri Tono tidak mengurusi Tono berarti istrinya tidak bertanggung jawab dalam hal mengurus suami.
2. Tanggung jawab kepada masyarakat
Manusia adalah mahluk sosial , manusia merupakan anggita masyarakat segala tingkah laku dan perbuatan harus di pertanggung jawabkan kepada masyarakat.
contoh :
Masyarakat harus menjaga lingkungannya agar tetap aman dan nyaman dengan menjaga kebersihannya keamanan lingkungan bergotong royong satu sama lain.
3. Tanggung jawab kepada Bangsa/Negara
Manusia tidak individual adalah warga negara suatu negara. Dalam bertindak berfikir manusia terikat oleh norma-norma yang dibuat oleh negara oleh sebab itu manusia tidak bisa berbuat semena-mena kjika manusia berbuat diluar norma-norma manusia harus bertanggung jawab kepada negara.
contoh :
Ketua DPRD di suatu daerah mengkorupsikan uang didaerah tersebut maka ketua DPRD tersebut harus bertanggung jawab atas perilakunya tersebut karena telah melanggar norma-norma.
4. Tanggung jawab kepada Tuhan
Dalam hidup ini manusia tidak dengan sendiri hidup manusia mempunyai Tuhan dan Tuhan memberikan tanggung jawab kepada setiap manusia .
contoh :
Manusia bersembayang memuji Tuhan berdoa kepada Tuhan atas pemberiannya pada hari ini. Manusia harus mengikuti segala aturan atau perintah Tuhan.
PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
C. Pengertian pengabdian
Perbuatan baik yang berupa pikiran pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan antara lain kepada raja,cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan dan semua dilakukan dengan ikhlas. Timbulnya pengabdian karena adanya rasa tanggung jawab.
D. Macam-macam pengabdian
- Pengabdian kepada keluarga pengabdian keluarga berdasarkan kasih sayng . Pengabdian kepada keluarga ini dapat berupa pengabdian kepada isteri dan anak-anak. contohnya si a mau dinikahkan dengan b demi membuat ayah a bahagia.
- Pengabdian kepada masyarakat manusia anggota masyarakat dan tidak dapt hidup sendiri karena manusia mahluk sosial . contohnya si a melanjutkan ke perguruan tinggi ketika lulus a ingin membangun desa tempat ia diliahirkan dan tinggal.
- Pengabdian kepada Negara manusia bagian dari suatunegara karena itu manusia harus mencintai bangsa dan negaranya contohnya membela negara
- Pengabdian kepada Tuhan manusia tidak ada dengan sendirinya manusia wajib mengabdi kepada Tuhan pengabdian berarti penyerahan diri kepada Tuhan contohnya digereja menjadi pastur.
E. Pengorbanan
Pengorbanan 
adalah memberikan secara ikhlas,harta,waktu,tenaga,pikiran,bahkan 
mungkin nyawa,demi cintanya atau ikatannya dengan sesuatu atau demi 
kesetiaan,kebenaran.
D. Macam-macam pengorbanan
Pengorbanan 
berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga 
pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan 
demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu
mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kit membaca atau mendengarkan kotbah agama. Dari kisah para tokoh agama atau nabi, manusia memperoleh tauladan, bagaimana semestinya wajib berkorbanan. Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas, karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan . Antara sesama kawan, sulit dikatakan pengabdian karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatannya. Tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan.
mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kit membaca atau mendengarkan kotbah agama. Dari kisah para tokoh agama atau nabi, manusia memperoleh tauladan, bagaimana semestinya wajib berkorbanan. Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas, karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan . Antara sesama kawan, sulit dikatakan pengabdian karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatannya. Tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan.
Macam-macam Pengorbanan yaitu
1. pengorbanan harta benda
2. pengorbanan pikiran
3. pengorbanan perasaan
4. pengorbanan tenaga
Akibat dari Pengorbanan itu sendiri bisa berupa hilangnya harta benda demi orang yang di cintainya.
1. pengorbanan harta benda
2. pengorbanan pikiran
3. pengorbanan perasaan
4. pengorbanan tenaga
Akibat dari Pengorbanan itu sendiri bisa berupa hilangnya harta benda demi orang yang di cintainya.
Contoh 
Pengorbanan itu sendiri misalkan dalam agama islam setiap hari raya 
kurban dilakukan pengorbanan menyembelih sapi , kambing ataupun domba 
yang dilakukan untuk menyedekahkan sebagian dari rezeki yang dimilikinya
 untuk diberika kepada orang yang kurang mampu. Dalam pengabdian 
selalu dituntut pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.
MANUSIA DAN KEGELISAHAN

PENGERTIAN KEGELISAHAN
A. Pengertian gelisah
Gelisah 
biasanya diketika seseorang merasa tidak nyaman pada suatu waktu tidak 
merasa aman memikirkan banyak hal sehingga menjadi gelisah secara umum 
gelisah itu adalah kegelisahan berasal dari kata gelisah gelisah artinya
 rasa yang tidak tentram dihati atau merasa khawatir , tidak dapat 
tenang (tidurnya),tidak sabar lagi (menanti) cemas dan sebagainya. 
Kegelisahan artinya perasaan gelisah, cemas, khawatir, takut dan jijik. 
Manusia yang gelisah itu dihantui rasa takut.
B. 3 Macam kemcemasan
Menurut sigmund freud ada 3 macam kecemasan yaitu :
- Kecemasan obyektif ( kegelisahan mirip terapan misalnya anak yang belum pulang )
- Kecemasan neurotik ( saraf misalkan fobia rasa gugup )
- Kecemasan moral ( emosi diri sendiri misalkan iri, dengki, dendam,rendah diri )
SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH
C. Sebab-sebab orang gelisah
Alasan 
mengapa manusia gelisah ialah karena manusia mempunyai hati dan 
perasaan, dan manusia takut kehilangan hak-haknya contoh-contoh orang 
gelisah adalah sebagai berikut 
- Ibu Tini tidak bisa tenang ,makan teras lilin minum terasa duri, duduk tidak tenang berdiri juga tak tenang , sebentar-sebentar melihat kejalan karena anaknya yang bersekolah di TK tidak ikut dalam mobil jemputan pulang sekolah.
- Orang takut ular,takut kecoa, takut reptil. Pengalaman kecil dapat menjadikan anak takut akan barang itu ,seperti benda tajam, takut darah dan sebagainya.
USAHA MENGATASI GELISAH
D. Usaha-usaha mengatasi kegelisahan
Pertama-tama
 untuk mengatasi gelisah adalah dimulai dari diri sendiri , yaitu kita 
harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita akan berpikir dengan 
tenang dan segala kesulitan dapat kita atasi.
E. Contoh mengatasi kegelisahan
Bila ada 
orang mengancam dengan senjata tajam atau pistol sekalipun, dan kita 
tenang menghadapi , tentu orang yang mengarahkan senjata kekita mungkin 
gentar dan akhirnya mengurungkan niatnya.
KETERASINGAN
F. Pengertian keterasingan
Keterasingan
 berasal dari kata terasing , dan kata itu adalah dari kata dasar asing.
 Kata asing berarti sendiri , tidak dikenal , sehingga kata terasing 
berarti disisihkan , terpisahkan atau terpencil .
KESEPIAN
G. Pengertian kesepian
Kesepian berasal dari kata sepi , artinya sunyi lengang, tidak ramai , tidak ada orang.
kesepian adalah hal sepi.
H. 3 Macam penyebab kesepian
Bermacam-macam 
 penyebab teIjadinya kespian. Frustasi dapat mengakibatkan  kesepian. 
Dalam  hal seperti  itu orang  tidak mau diganggu,  ia lebih senang  
dalam  keadaan  sepi, tidak suka  bergaul,  dan  sebagainya.  la lebih  
senang  hidup  sendiri.
Contohnya Pangeran  
 Sidharta meninggalkan  istana, tempat  kemewahan, keramaian dan 
ketidakpastian.  Karena  frustasi menyaksikan  kontradiksi  keadaan  
istana dengan  keadaan  luar istana yang penuh penderitaan,  maka  ia 
meninggalkan  istana pergi ke tempat  yang  sepi, mencari  hakekat  
hidup.
KETIDAK PASTIAN
I. Pengertian ketidak pastian
Ketidak
 pastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak 
dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa  arah yang jelas, tanpa asal-usul 
yang jelas.  Ketidak  pastian  artinya keadaan yang tidak pasti, tidak 
tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang 
jelas, keadaan tanpa asal-usul yangjelas.  ltu semua adalah akibat 
pikirannya tidak dapat konsentrasi. Ketidak konsentrasian  disebabkan  
oleh berbagai sebab, yang jelas pikirannya kacau.
J. Macam-macam penyebab ketidakpastian
Orang yang 
pikirannya terganggu tidak dapat lagi berpikir secara teratur, apalagi 
mengambil kesimpulan. Dalam berpikir manusia selalu menerima 
rangsang-rangsang lain, sehingga jalan pikirannya menjadi kacau oleh 
rangsang-rangsang barn. Kalau toh ia dapat berpikir baik akan memakan 
waktu yang cukup lama dan sukar. Mereka menampakkan tanda-tandaobsesi, 
phobia, delusi, gerakan-gerakan gemetar,kehilangan pengertian,kehilangan
 kemampuan untuk menangkap sesuatu.
Beberapa sebab orang tak dapat berpikir dengan pasti ialah :
1.    Obsesi
Obsesi 
merupakan gejala neurosa jiwa, yaitu adanya pikiran atau perasaan 
tertentu yang terus menerus, biasanya tentang hal-hal yang tak 
menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita. Misalnya
 selalu berpikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia.
Contoh: Seorang
 pedagang yang maju pesat, pada suatu saat terpikir olehnya ada kawannya
 yang ingin menjatuhkannya. Pikiran itu tidak hilang, tetapi justru 
menjadi-jadi. Apalagi setelah ia merugi.
2.    Phobia
rasa ketakutan yang tak terkendali,tidak normal, kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
3.    Kompulasi
adanya 
keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan 
yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
Contoh:
a.Keinginan 
untuk mengambil barang (mencuri), padahal barang itu tak bermanfaat 
baginya, dan andaikan ingin membeli, mampu juga dia (kleptomania)
b.Keinginan 
minum minuman keras. Orang itu bukan pemabuk, tetapi bila dilanda 
pikiran atau perasaan kecewa keinginan minumnya tak dapat dibendung.
4. Histeria
 neorosa 
jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan, pengalaman pahit 
yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari
 sikap orang lain.
Contoh: Ketika
 Ibu Bakri sedang melayani anaknya makan, datang orang-orang mengetuk 
pintu, mengucap salam. OIjawabnya dan keluarlah ia. Di luar, kagetlah ia
 melihat orang banyak  mengusung  jenazah  yang ditutupi kain. Ibu itu 
langsung  bertanya  siapa  itu ?  .. itu kan  bukan  Kang  Bakri  !” 
semua  orang  yang  ditanya  diam.  Akhimya  dia  berteriak histeris  
lalu pingsan  (film orang-orang  laut)
5.    Delusi
Menunjukkan  
 pikiran  yang  tidak  beres,  karena  berdasarkan   suatu  keyakinan   
palsu. Tidak dapat memakai akal sehat, tidak ada dasar kenyataan dan 
tidak sesuai dengan pengalaman. Delusi  ini ada tiga macam,  yaitu  :
a. Delusi  
persekusi   : menganggap   keadaan  sekitamya  jelek.  Seseorang  yang  
mengalami delusi  persekusi  tidak mau  mengenal  tetangga  kiri kanan  
karena  menganggap  jelek.
b. Delusi  
keagungan   : menganggap   dirinya  orang  penting  dan  besar.  Orang  
seperti  itu biasanya  gila honnat   Menganggap  orang-orang  
disekitamya  sebagai  orang-orang  tidak penting.  Akhimya  semua  
orang  menjauhi  juga.
c. Delusi 
melancholis  : merasa   dirinya   bersalah,   hina,   dan  berdosa.   
Hal   ini  dapat mengakibatkan  buyuten atau  dikenal dengan nama 
delirium trements, hilangnya kesadaran dan  menyebabkan   otot-otot  tak
 terkuasa lagi.
Contoh:
Pak Joyo  
orang kampung pada suatu hari dipanggil   ke pengadilan  untuk diminta 
kesaksiannya.  Tetapi   karena takutnya, ia gemetar, keringat dingin 
mengucur,  ditanya  ini itu  tak bisa  menjawab,   mulutnya  gemetar.  
Akhimya  jaksa  tak memperoleh   kesaksian apa-apa  darinya.
6.    Halusinasi.
Khayalan  
yang terjadi tanpa rangsangan  pancaindera.  Dengan  sugesti diri orang 
dapat juga berhalusinasi.  Halusinasi  buatan, misalnya dapat dialami 
oleh orang mabuk atau pemakai obat bius. Kadang-kadang  karena halusinai
 orang merasa mendapat  tekanan-tekanan  terhadap dorongan-dorongan  
dasarnya, sehingga dengan timbulnya halusinasi dorongan-dorongan  itu 
menemukan   sasarannya.   Ini nampak  dalam  perbuatan  perbuatan  
penderita.  (  penderita  itu dapat  menyadari  perbuatan  itu, tetapi  
tidak dapat  menahan  rangsang  khayalan  sendiri)
7.    Keadaan Emosi
Dalam  
keadaan tenentu  seseorang  sangat  berpengaruh oleh  emosinya. lni  
nampak pada keseluruhan  pribadinya:  gangguan  pada nafsu makan, 
pusing-pusing,  muka merah, nadi cepat, keringat,  tekanan darah 
tinggi/lemah.  Sikapnya dapat apatis atau terlalu gembira dengan 
gerakan  lari-larian,  nyanyian,  ketawa  atau berbicara.  Sikap  ini 
dapat  pula berupa  kesedihan menekan, tidak bemafsu, tidak bersemangat,
 gelisah, resah, suka mengeluh, tidak mau berbicara, diam  seribu  
bahasa,  tennenung,   menyendiri.
Contoh:
Dalam  
liburan,  seperti biasa Samsulbahri  pulang ke kampungnya,dan biasa pula
 setiap pulangnya Samsul bennain ke rumah Nurbaya, bekas pacamya. 
Kedatangan  Samsul di rumah Nurbaya ialah untuk mengulang cintanya. Pada
 saat itu terketahuilah Samsulbahri oleh  Datuk  Maringgih,  suami  
Nurbaya.  Melihat  itu Samsul bahkan  menghamtam   si tua bangka  itu. 
Siti Nurbaya menjerit  histeris. Jeritan itu terdengar  oleh ayah 
Nurbaya;  ayah Nurbaya   keluar  melihat  kejadian  itu  gemetar,  
jatuh  terus  meninggal ( Siti  Nurbaya, Marah Rusli )
K. Usaha-usaha mengatasi ketidak pastian 
Bila 
penyebabnya  itu jelas, misalnya rindu, obatnya mudah, yaitu 
dipertemukan  dengan orang  yang dirindukan.  Phobia  atau jenis  takut 
bisa dilatih dari sedikit,  sehingga  tidak takut lagi.  Orang takut 
ular, takut ulat yang berbulu, dapat disembuhkan  karena dibiasakan  
dengan benda-benda tersebut. Orang
 yang bersikap sombong atau angkuh bila mengalami musibah, baru 
berkurang kesombongannya,    tetapi  mungkin  tidak.  Andai kata  
mereka  sadar,  kesembuhan  itu adalah karena  pengalaman. Jadi  yang 
menyembuhkan masyarakat sekitamya dan dirinya sendiri.
 Sumber :
http://patriciasihombing.blogspot.com 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar