Sabtu, 11 Juli 2015

Steve Jobs Jadi Karakter Manga

Manga tidak melulu kisah fantasi, berikut manga baru yang mungkin bakal menarik bagi kita-kita yang suka membaca biografi. Biografinya ga tanggung-tanggung, tak lain dan tak bukan, biografi para pendiri perusahaan Apple.
Penggarapan manga biografi ini rupanya cukup serius memperhatikan detail sejarah alias ga ngasal. Para ahli sejarah teknologi menunjukkan bahwa Steve Jobs tidaklah sendirian saat mendirikan perusahaan yang sekarang super-terkenal itu di California. Khususnya soal ada satu lagi Steve, yaitu Steve Wozniak yang memainkan peranan penting dalam membesarkan Apple. Fakta ini juga tidak luput dari perhatian pembuat manga, Hatsuichi Matsunaga, dan merupakan sebab kenapa judul komik adalah “Steves” (bentuk jamak nama Steve).
Manga yang diproduksi oleh Ume ini digarap tim dua orang yang terdiri atas penulis cerita Takahiro Ozawa dan artis Asako Seo. Kisah cerita dimulai ketika duo Steve masih menjadi dua pemuda penuh mimpi yang bekerja di garasi keluarga Jobs. Awal-awal bab bercerita bagaimana dua pebisnis muda ini berusaha meyakinkan pengusaha besar bahwa ide-ide mereka patut direalisasikan.
Tentunya, karena ini manga dan karya fiksi, beberapa bumbu lebay baik dalam kisah maupun efek visual tidak bisa dihindari grin emoticon Misalnya, soal penampilan Steve Jobs muda yang jadi superganteng ala tokoh hero anime/manga. Beberapa pegawai Apple seperti Mike Markkula, Randy Wigginton, Chris Espinosa, Dan Kottke, Jerry Manock, dan Rod Holt muncul dalam cerita, termasuk adik perempuan Jobs, Patty. Terus, eng ing eng… ga lengkap pahlawan manga tanpa saingan dong! Makanya, munculnya siapa lagi saingan Jobs kalau bukan… Bill Gates!
Manga “Steves” mulai diterbitkan sebagai serial tahun lalu dalam antologi Big Comic Superior terbitan Shogakukan yang terbit dua kali sebulan. Saat ini dua volume gabungan cerita-cerita serial itu sudah diluncurkan.

Tidak ada komentar: