Selasa, 03 Juli 2018

Sunfish Go

Wah akhirnya saya mendapat tugas yang agak beda dari yang lain, yaitu untuk menganalis aplikasi penggajian. Hal ini sih memberi saya banyak info baru dan gambaran gimana sih para petinggi memberi gaji dan info penting lainnya.

Sunfish Go merupakan aplikasi besutan DataOn Corporation yang telah berdiri tahun 1999 dan dipercaya oleh 2000 perusahaan dalam membantu masalah sumber daya manusia mereka, disini mereka berfokus pada pemenuhan kebutuhan mengenai manajamen sumber daya manusia agar gampang diakses di mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini mengambil beberapa elemen dari sunfish hr, namun membangunnya ulang dari awal.

Ketika membuka aplikasi kita akan dihadapkan dengan halaman ini anda dapat mengisinya dengan username, password dan asal perusahaan, jadi gak bisa asal masuk ><

 

Karena saya bukan karyawan suatu perusahaan kita akan coba dengan akun uji coba.yang ada

 

Ada 3 akun dengan role yang berbeda yang anda bisa coba dan mereka berada dalam posisi yang berbeda tiap orangnya, beserta deskripsi apa yang bisa mereka lakukan, disini saya memilih role HR Admin. 

Ketika masuk ke menu awal kita akan langsung diberikan tutorial mengenai apa yang harus kita lakukan disini 




Kita bisa mengklik sidebar untuk melihat fitur yang ada dan ditawarkan oleh aplikasi ini. 



Aplikasi ini sangat user friendly dan terkomposisi dengan baik dan tidak membuat karyawan pusing akan fungsinya. 


Kelebihan aplikasi ini adalah :

- Kelengkapan, keakuratan, dan konsistensi data.
- Keamanan dan kemudahan (user friendly) dalam proses penyajian, peng-inputan, pengolahan, dan pelaporan, serta analisa data sehingga membantu operasional pekerjaan dan pengambilan keputusan.
- Dapat menganalisa dan memonitor kinerja pegawai.
- Dapat mengurangi dan/ atau menghilangkan kesalahan manusia dalam menangani dan memproses data SDM.
- Secara kesuluruhan dapat meningkatkan pelayanan staf divisi SDM terhadap seluruh pimpinan, penasehat, dan pegawai.
- Dapat meningkatkan produktifitas serta menekan biaya operasional SDM.

Kekurangan aplikasi ini sih kayaknya cuma ada beberapa hp yang agak kurang compatible dan mungkin akan di update ke depannya. 

PT. Sumberdaya Dian Mandiri sangat puas dengan aplikasi dan membuat testimoni penggunaan aplikasi ini dengan sangat meyakinkan dan menarik beberapa perusahaan lainnya untuk menggunakan aplikasi ini. 

Aplikasi ini menyimpan database dengan menggunakan database bawaan perusahaan yang terintegrasi dengan cloud serta menggunakan java dalam pembuatan programnya

Sekian analis saya kurang lebih mohon maaf sampai jumpa ><.

Tidak ada komentar: